|

Nihil Anggaran, DPRD KSB Tidak Hasilkan Perda Inisiatif

Taliwang, Gaung NTB
Sepanjang tahun 2012 ini, kinerja DPRD KSB, khususnya dalam membahas dan menetapkan regulasi (Perda) yang bersumber dari inisiatif lembaga tersebut, rendah. Bahkan  tidak satupun Perda inisiatif yang dihasilkan.
Wakil ketua DPRD KSB, Abidin Nasar, menyatakan tidak adanya produk Perda inisiatif yang dihasilkan DPRD KSB karena memang tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan dimaksud di APBD 2012.
“Tidak ada anggaran yang disiapkan untuk membahas raperda inisiatif tahun ini,” ujar Abidin, kemarin.
Ia menjelaskan, sama dengan pembuatan Perda di tingkat eksekutif, penyusunan Perda inisiatif di internal dewan juga membutuhkan anggaran. Dalam penyusunan Perda inisiatif Komisi yang menjadi leading sektor terkait Raperda itu akan melakukan penggodokan.
“Untuk pengumpulan bahan dan data terkait Perda itu, tidak hanya dilakukan di dalam daerah, tapi study ke daerah lain dan ke pusat harus dilakukan. Hal itu penting agar sampai Perda yang kita buat justeru bertentangan dengan aturan lebih tinggi,” timpalnya.
Besarnya dana yang dibutuhkan untuk membuat satu Perda, membuat proses penyusunannya harus diatur sejak dini. Proses pertama tentu dimulai dengan menyiapkan anggarannya dalam APBD.
“Untuk tahun 2012 ini kita memang tidak ada menyiapkan anggaran khusus untuk membuat Perda Inisiatif,” ulang Abidin.
Meski tak menelurkan satupun regulasi, namun DPRD KSB menurutnya, ssecra umum menjalankan kinerjanya dengan baik. Ini dapat dilihat dari sejumlah tugas pokok kelembagaan tidak ada yang keluar dari jadwal yang telah ditetapkan. Seperti pembahasan APBD 2013 yang pada pekan ini ditargekan rampung. Abidin mengatakan, meski sepanjang tahun tak sepenuhnya agenda lembaga berjalan lancar namun hal-hal yang menyangkut kebutuhan langsung masyarakat selalu menjadi prioritas untuk diselesaikan.
“Untuk APBD 2013 kami optimis bisa rampung pada hari Kamis (pekan ini). Dengan begitu target kita menyelesaikan APBD 2013 sebelum akhir tahun tercapai,” tandasnya.(Gte)

Posted by PKS Brang Ene on 15.03. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Nihil Anggaran, DPRD KSB Tidak Hasilkan Perda Inisiatif"

Leave a reply