|

Hari Ini, TAPD & Banggar DPRD Lakukan Sinkronisasi KUA-PPAS


Abidin Nasar : Kamis Penetapan APBD 2013
Taliwan –  Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada hari Rabu 26/12 (hari ini, red) direncanakan melakukan sinkronisasi terhadap anggaran yang telah dibahas.
Sinkronisasi yang akan dilakukan itu untuk melihat dan mengevaluasi, apakah tidak keluar dari Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Platform Perkiraan Anggaran Sementara (PPAS), pembahasan yang dilakukan antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan masing-masing komisi beberapa waktu lalu.
“Seluruh komisi dengan SKPD telah melakukan pembahasan sampai pada Rencana Kegiatan Anggara (RKA) bahkan sudah pada hasil akhir. Keputusan pembahasan komisi dengan SKPD yang akan menjadi poin pembahasan antara TAPD dengan Banggar DPRD KSB,” ucap wakil ketua DPRD KSB, Abidin Nasar SP.
Masih keterangan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, titik poin pembahasan anggaran yang dilakukan mengacu pada hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), hasil Reses anggota DPRD KSB dan tidak keluar dari visi dan misi Bupati. “Memang cukup berat pembahasan anggaran yang dilakukan, karena ada titik sentral yang dijadikan poin pijakan, “lanjut politisi dari kecamatan Sekongkang ini.
Abidin Nasar juga mengaku apresiatif terhadap pemerintah yang membuat terobosan dengan meningkatkan anggaran belanja langsung untuk program yang menyentuh langsung dengan masyarakat. Hal itu terlihat dalam anggaran sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengalami peningkatan, termasuk disampaikan, tercatat belanja langsung Rp 502 miliar lebih atau sekitar 64,64 persen sementara belanja tidak langsung Rp 275 miliar atau sekitar 35,36 persen.
Dari total anggaran tersebut sejumlah dinas mendapat alokasi anggaran cukup besar. Dana belanja langsung yang dialokasi kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mencapai Rp 321,498 miliar atau naik 110,27 persen dibanding tahun sebelumnya, lalu Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian (Dishutbuntan) sebesar Rp 10,584 miliar lebih atau naik sekitar 20,67 persen, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendapat alokasi dana cukup mencapai Rp 6,204 miliar, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Rp. 10,448 dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM tembus Rp. 5,775 miliar.
Dalam kesempatan itu juga disampaikan Abidin Nasar, sumber pendapatan masih mengandalkan dana perimbangan pemerintah pusat senilai Rp 446 miliar lebih. Ditahun 2013 mendatang, target pendapatan asli daerah (PAD) turun drastis. Ditahun 2012 lalu PAD KSB ditargetkan Rp 92 miliar lebih sementara ditahun 2013 mendatang hanya Rp 41 miliar lebih.
Ditegaskan Abidin Nasar, jika jadwal sesuai dan tidak ada persoalan saat dilakukan sinkronisasi, maka penetapan terhadap APBD 2013 akan dilakukan pada kamis 27/12. “Jadwal penetapan APBD 2013 pada kamis setelah final dilakukan sinkronisasi,” timpal Abidin Nasar.
(SBPost)

Posted by PKS Brang Ene on 16.00. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Hari Ini, TAPD & Banggar DPRD Lakukan Sinkronisasi KUA-PPAS"

Leave a reply